Jumat, 05 Oktober 2012


ARTIKEL MICROSOFT WORD 2007

Pengertian Microsoft Word 2007

Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapakeunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versisebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimanamemaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP.Memulai menggunakan Word 2007Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik menu start pada taskbar 
2. Klik all programs –>Microsoft Office –> Microsoft Office Word 2007Mengenal Elemen Jendela Word :
1. Menu Bar menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu.Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

1.1 HomeHome merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, styledan editing serta clipboard.

1.2 InsertMenu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.

1.3 Page LayoutMenu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.

1.4 ReferencesReferences terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions,Index, Table of Authorities.

1.5 MailingsMailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.

1.6 ReviewReview terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
Fungsi Menu dan Sub Menu Microsoft Word 2007

Menu dalam Microsoft Word

1.Menu file
Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub mwnusebagaiberikut:
SubmenuFungsi
 New Membuat dokumen baru.Open Membuka file dari piranti/ media menyimpanClose Menutup jendela dokumen aktif Save menyimpan dokumen yang masih aktif Save AS menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atauMengganti nama file dokumen yang akan disimpan.Save As Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web.Web PageWeb Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dana yang akan di cetak.
PreviewPage Setup Mengatur halaman dokumen yang akan di cetak.Prin Preview Melihat contoh hasil cetakan dokumen (margins, ukuran kertas) sebelumDicetak melalui printer.Print Mencetak dokumenSend To Mengirim dokumenProperties Mebuat ringkasan dari dokemen yang aktif Exsit Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen

2.Menu Edit
Menu yang berhubungan dengan penyuntigan (editing) tergadap file dokumen dengansubmenu sebagai berikut:
SubmenuFungsi
Undo Membatalkan perintah yang terakhir di lakukanRepeat Mengulangi perintah terahir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintahUndo.Cut Memotong sebagian atau seluruh dataCopi Menyalin dataPaste Menyisipkan/meletakkan hasil copi dan CutPaste special Fasilitas pendukung perintah cat dan copi terhadap hiper ling padadocumentClear Membersihan atau menghapus semua data yang ada didokumen.Select All Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumenFind Mencari data pada dokumenReplace Menggantikan data pada dokumen dengan data baruGo to berpindah kehalaman tertentu dari dokumen bagian-bagian daridokumen atau Footnote.Links Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumenObjek Mengedit objek yang berasal dari inser yang behubungan dengan link (objek Clipart, dll)

3.Menu View
Menu yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan submenu
 SubmenuFungsi


ARTIKEL

PENGERTIAN MICROSOFT WORD

          Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.


FUNGSI MICROSOFT WORD
          Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
  1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
  1. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
  1. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
  1. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
  1. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
  1. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
  1. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
  1. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)










SEJARAH MICROSOFT WORD


A. Sejarah Singkat Microsoft Word

          Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.

Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.

Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.

B. Cara Mengaktifkan Microsoft Word

Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan

Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop

C. Mengenal Layar Kerja Microsoft Word

1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)

Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.

2. Baris Judul (Title Bar)

Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word

3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)

Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :

a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word



5. Baris Toolbar (Tool bar)
          Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.

a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.

b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.

6. Rulers

Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.

7. Area Pengetikan

Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter

8. Kursor

Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah
Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan
Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan
End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya

9. Task Pane

Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

10. Scroll Bar

Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK

11. Office Assistant

Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b. Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c. Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d. Klik tab Gallery
e. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita



12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)

Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).

13. Status Bar

Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya


ARTIKEL



Pengertian Microsoft Word 2010 adalah program pengolah kata non-bebas komersial yang dirancang oleh Microsoft. Inipertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-ToolWord untuk sistem Xenix. versiberikutnya kemudian ditulis untukbeberapa platform termasuk PCIBM menjalankan DOS (1983),Apple Macintosh (1984) , AT & TUnix PC (1985), Atari ST (1986), SCOUNIX, OS / 2, dan Microsoft Windows (1989). Ini adalahkomponen dari sistem Microsoft Office, melainkan juga dijual sebagai produk mandiridan termasuk dalam Microsoft Works Suite. Versi saat ini adalah Microsoft Word 2010untuk Windows dan 2011 untuk Mac.

Asli format file Microsoft Word ditandai baik oleh doc. atau. docx ekstensi file.

Meskipun ". doc" perpanjangan telah digunakan dalam berbagai versi Word, itu benar-benar meliputi empat format file yang berbeda:

    1. Word untuk DOS
    2. Word untuk Windows 1 dan 2; Word 4 dan 5 untuk Mac
    3. Word 6 dan Word 95 untuk Windows, Word 6 untuk Mac
    4. Word 97, 2000, 2002 dan 2003 untuk Windows, Word 98, 2001, X, dan 2004 untukMac

Pengertian Microsoft Word 2010 Yang lebih baru ekstensi menandakan Office OpenXML standar internasional untuk dokumen Office dan digunakan oleh Word 2007 untukWindows, Word 2008 untuk Macintosh, "docx."serta oleh meningkatnya jumlah aplikasidari vendor lainnya, termasuk OpenOffice.org Writer , kata sumber program pengolahterbuka.

Microsoft tidak menjamin tampilan yang benar dari dokumen pada workstation yang berbeda, bahkan jika dua workstation menggunakan versi yang sama dari MicrosoftWord, terutama karena tata letak halaman tergantung pada printer yang sekarang. Iniberarti ada kemungkinan dokumen penerima melihat mungkin tidak persis samadengan dokumen pengirim melihat Pengertian Microsoft Word 2010.










Sejarah dan pertumbuhan: 1981-1995
Pada tahun 1981, Microsoft menyewa Charles Simonyi, pengembang utama Bravo, prosesor GUI kata pertama, yang dikembangkan di Xerox PARC. Simonyi mulai bekerja pada sebuah pengolah kata yang disebut Multi-Tool Word dan segera menyewa Richard Brodie, seorang mantan Xerox magang, yang menjadi software engineer utama. Microsoft Word 5.0 untuk DOS. Versi 1,0-4,0 memiliki antarmuka pengguna yang sama.
Microsoft mengumumkan Multi-Tool Word untuk Xenix dan MS-DOS pada tahun 1983. Namanya segera disederhanakan untuk Microsoft Word salinan demonstrasi Bebas aplikasi yang dibundel dengan edisi November 1983 PC World,. membuat program pertama yang didistribusikan pada-disk dengan majalah. Tidak seperti program MS-DOS paling pada saat itu, Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse, dan mampumenampilkan beberapa format, seperti tebal, miring, dan bergaris bawah teks, walaupun tidak bisa membuat font. Ia awalnya tidak populer, karena antarmuka pengguna yang berbeda dari pengolah kata terkemuka pada saat itu, WordPerfect. Namun, Microsoft terus membaik produk, merilis versi 2.0 melalui 5.0
selama enam tahun kedepan.

Pada tahun 1985, Microsoft Word porting ke Macintosh. Ini dibuat lebih mudah oleh kenyataan bahwa Firman untuk DOS telah dirancang untuk digunakan dengan tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun tidak ada yang belum tersedia untuk masyarakat umum. Mengikuti preseden LisaWrite dan MacWrite, Word untuk Macmenambahkan fitur WYSIWYG benar. Setelah rilis, Word untuk penjualan Mac lebih tinggi daripada rekan MS-DOS untuk setidaknya empat tahun. Pelepasan kedua Word untuk Macintosh, dikirim pada tahun 1987, bernama Word 3.0 untuk menyinkronkan nomor versinya dengan Word untuk DOS, ini adalah usaha pertama Microsoft untuk sinkronisasi nomor versi di seluruh platform. Word 3.0 termasuk berbagai perangkat tambahan internal dan fitur baru, termasuk implementasi pertama dari spesifikasi Rich Text Format (RTF), namun terganggu dengan bug. Dalam beberapa bulan Word 3.0 digantikan oleh Word, lebih stabil 3,01 yang dikirim bebas untuk semua pengguna terdaftar 3,0. Setelah MacWrite, Word untuk Mac tidak pernah punya saingan serius pada Mac. Word 5.1 untuk Macintosh, dirilis pada tahun 1992, merupakan pengolah kata yang sangat populer karena keanggunan, relatif mudah penggunaan dan fitur ditetapkan. Banyak pengguna mengatakan versi yang terbaik dari Word for Mac yang pernah dibuat. Pada tahun 1986, perjanjian antara Atari dan Microsoft Word untuk membawa Atari ST dengan nama Microsoft Write. Versi Atari ST adalah pelabuhan 1,05 Word untuk Macintosh Apple dan tidak pernah diupdate.
Versi pertama dari Word untuk Windows dirilis pada tahun 1989. Dengan peluncuran Windows 3,0 pada tahun berikutnya, penjualan mulai mengambil dan Microsoft segera menjadi pemimpin pasar untuk pengolah kata untuk komputer IBM PC yang kompatibel Pada tahun 1991, Microsoft Word untuk memanfaatkan popularitas Windows 'meningkat dengan merilis sebuah. versi Word untuk DOS, versi 5.5, yang menggantikan user interface yang unik dengan tampilan yang mirip dengan sebuah aplikasi Windows. Ketika Microsoft menyadari masalah 2000 Tahun, itu membuat Microsoft Word 5.5 untuk DOS yang tersedia untuk di-download gratis. Pada November 2010, masih tersedia untuk di-download dari situs web Microsoft. Pada tahun 1991, Microsoft memulai sebuah proyek kode nama Piramida untuk menulis ulang sepenuhnya Microsoft Word dari bawah ke atas. Baik versi Windows dan Mac akan mulai dari basis kode yang sama.Saat itu ditinggalkan saat dipastikan bahwa mereka akan mengambil tim pengembangan terlalu lama untuk menulis ulang dan kemudian mengejar ketinggalan dengan semua kemampuan baru yang dapat telah ditambahkan dalam waktu yang sama tanpa menulis ulang. Sebaliknya, versi-versi selanjutnya Word untuk Windows dan Mac, dijuluki versi 6.0, baik mulai dari basis kode dari Word for Windows 2.0.
Dengan rilis Word 6.0 pada tahun 1993, Microsoft kembali mencoba untuk melakukan sinkronisasi nomor versi dan penamaan produk mengkoordinasikan seluruh platform, kali ini di DOS, Macintosh, dan Windows (ini adalah versi terakhir dari Word for DOS).Memperkenalkan AutoCorrect, yang secara otomatis tetap kesalahan mengetik tertentu, dan AutoFormat, yang dapat memformat banyak bagian dari sebuah dokumen sekaligus. Sementara versi Windows diterima review menguntungkan, versi Macintosh secara luas mencemooh. Banyak menuduh itu sebagai lambat, canggung dan memori yang intensif, dan antarmuka pengguna yang berbeda secara signifikan dari Word 5.1  Sebagai tanggapan atas permintaan pengguna, Microsoft terpaksa menawarkan Word 5 lagi,. Setelah itu telah dihentikan. selanjutnya versi Word untuk Macintosh tidak lagi versi porting dari Word untuk Windows. Word 2007 icon Microsoft Word 2007Microsoft Word untuk Windows sejak tahun 1995 

Word 95 for Windows versi 32-bit pertama dari produk, dirilis dengan Office 95 sekitar waktu yang sama dengan Windows 95. Itu adalah port langsung dari Word 6.0 dan memperkenalkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah merah-coretan digarisbawahi spell-checking. Dimulai dengan Word 95, rilis Word diberi nama setelah tahun dari rilis, bukan nya nomor versi. Word 2010 memungkinkan penyesuaian lebih dari Ribbon, menambahkan pandangan Backstage untuk manajemen file, telah meningkatkan navigasi dokumen, memungkinkan penciptaan dan embedding screenshot, dan terintegrasi dengan Word Web App. Word untuk Mac 2008 ikon Microsoft Word untuk Mac sejak tahun 1995
Pada tahun 1997, Microsoft membentuk Unit Bisnis Macintosh sebagai kelompok independen dalam Microsoft terfokus pada penulisan perangkat lunak untuk Mac. Its versi pertama dari Word, Word 98, dirilis dengan Office 98 Macintosh Edition. Dokumen kompatibilitas mencapai paritas dengan Word 97, dan termasuk fitur dari Word untuk Windows 97, termasuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dengan squiggles.  Pengguna dapat memilih menu dan shortcut keyboard untuk menjadi serupa dengan baik Word 97 untuk Windows atau Word 5 untuk Mac. Sayangnya, Word pada Mac dalam hal ini dan kemudian melepaskan juga menjadi rentan terhadap virus makro masa depan yang bisa kompromi Word (dan Excel) dokumen. Word 2001, dirilis pada tahun 2000, menambahkan beberapa fitur baru, termasuk Clipboard Office, yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menyisipkan beberapa item  Ini adalah versi terakhir untuk berjalan di Mac OS klasik dan., Di Mac OS X, hanya bisa dijalankan dalam Lingkungan Classic. Kata X, yang dirilis pada tahun 2001, adalah versi pertama untuk berjalan secara native, dan diperlukan, Mac OS X,  dan memperkenalkan pemilihan teks non-menyebelah. Word 2004 dirilis pada Mei 2004. Ini termasuk pandangan Notebook Layout baru untuk mengambil catatan baik dengan mengetik atau dengan suara. Fitur-fitur lainnya, seperti perubahan pelacakan, dibuat lebih mirip dengan Office untuk Windows Microsoft. Merilis patch selama bertahun-tahun untuk menghilangkan paling dikenal kerentanan makro dari versi ini. Word 2008, dirilis pada tanggal 15 Januari 2008, termasuk fitur Ribbon-seperti yang disebut Galeri Unsur, yang dapat digunakan untuk memilih layout halaman dan menyisipkan diagram adat dan gambar. Hal ini juga termasuk pandangan baru difokuskan pada tata letak penerbitan, manajemen bibliografi terpadu, dan dukungan asli untuk format Open Office XML. Ini adalah versi pertama untuk berjalan secara native di Mac berbasis Intel. Word 2011, dirilis pada bulan Oktober 2010, menggantikan Galeri Elemen yang mendukung user interface Ribbon yang jauh lebih mirip dengan Office untuk Windows, dan termasuk mode layar penuh yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada membaca dan menulis dokumen, dan dukungan untuk Office Web Apps.










1.Menu File, Sub Menu File


·                     New : Membuka dockument baru yang masih kosong
·                     Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
·                     Close : Mrenutup dokumen
·                     Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
·                     Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
·                     Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
·                     Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
·                     Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
·                     Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
·                     Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
·                     Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
·                     Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
·                     Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
·                     Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
·                     Exit : menutup program Ms. word

2. Menu Edit, Sub Menu Edit


·                     Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
·                     Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
·                     Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·                     Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·                     Office Clipboard : Membuka isi clipboard
·                     Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
·                     Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
·                     Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
·                     Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
·                     Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
·                     Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
·                     Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
·                     Go To : Menuju ke halaman
·                     Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
·                     Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word

3. Menu View, Sub Menu View


·                     Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
·                     Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
·                     Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
·                     Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
·                     Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
·                     Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
·                     Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
·                     Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
·                     Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
·                     Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
·                     Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
·                     Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
·                     Mark up : Menampilkan toollbar markup
·                     Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
·                     Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar

4. Menu Insert, Sub Menu Insert


·                     Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
·                     Page Numbers : Memberi nomor halaman
·                     Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
·                     Autotext : Menyisipkan kata
·                     Field : Menyisipkan field
·                     Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
·                     Comment : Menyisipkan komentar
·                     Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
·                     Web Component : Menyisipkan komponen dari web
·                     Picture : Menyisipkan gambar
·                     Diagram : Menyisipkan diagram
·                     Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
·                     File : Menampilkan toollbar markup
·                     Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
·                     Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
·                     Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)

5. Menu Format, Sub Menu Format


·                     Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
·                     Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
·                     Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
·                     Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran
·                     Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
·                     Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
·                     Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
·                     Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
·                     Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
·                     Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
·                     Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen
·                     Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
·                     Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame
·                     Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
·                     Style and Formating : Mengubah style dan format
·                     Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
·                     Object : Memformat suatu objek

6. Menu Tools, Sub Menu Tools


·                     Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
·                     paragraf dalam sebuah dokumen
·                     Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
·                     Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
·                     Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
·                     Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
·                     Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
·                     Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
·                     Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
·                     Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
·                     Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard
·                     Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri
·                     Template and add-ins : Mengatur tampilan template
·                     AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
·                     Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
·                     Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.

7. Menu Table, Sub Menu Table


·                     Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
·                     Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
·                     Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
·                     Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
·                     Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
·                     Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
·                     Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
·                     Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
·                     AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
·                     Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
·                     Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
·                     Sort : Mengurutkan data atau teks
·                     Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
·                     Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
·                     Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise

8. Menu Window, Sub Menu Window


·                     New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
·                     Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
·                     Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

9. Menu Help, Sub Menu Help


·                     Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
·                     Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
·                     Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
·                     Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
·                     Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
·                     About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan

ARTIKEL

Pengenalan Microsoft Microsoft Word 2003

Microsoft Word (selanjutnya dalam tutorial ini disingkat MS Word atau Word) merupakan program untuk mengolah kata (teks). Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya skripsi, novel, laporan penelitian, laporan,dan sebagainya. Selain menulis teks, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, teks artistik, formula, menyisipkan gambar, shape, bagan organisasi dan lainnya.Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri:




1. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
2. Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word
3. Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word
4. Tombol close dokumen
5. Task Pane : Panel task (kumpulan task dalam word)
6. Vertical scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertikal
7. Horizontal scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal
8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9. Horisontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10. Ruler indent : mengatur tabulasi
11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan di kursor
12. Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks
13. Toolbar drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14. Status bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom yang aktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar